Kamis, 13 Juni 2013

Sejarah singkat Kartu Kredit

sejarah kartu kredit

Kali ini saya akan berbagi tentang Sejarah singkat Kartu Kredit. sebenarnya artikel ini bukanlah murni hasil dari pemikiran saya pribadi, tapi karena akhir akhir ini begitu maraknya pembahasan mengenai kartu kredit tidak ada salahnya informasi ini saya sampaikan kepada pembaca semua.

Berikut ini adalah sejarah singkat lahirnya kartu kredit hingga kita pergunakan sedemikian populer di zaman sekarang. Cikal bakal munculnya kartu kredit sebenarnya sudah diprediksikan dan diramal oleh seorang novelis yang juga seorang pengacara bernama Edward Bellamy dari Massachusetts di tahun 1887. Dalam novelnya yang berjudul Looking Backward,Tuan Bellamy menyebut atau menggunakan istilah "kartu kredit" kurang lebih ada 11 kali. Inilah yang menjadi inspirasi atau pendorong untuk mewujudkan khayalan seperti ini menjadi kenyataan di muka bumi meski uang kertas dan uang logam sudah sangat bagus, tetap saja masih memiliki kendalanya yang kadang sangat merepotkan. Kendala-kendala seperti inilah yang memunculkan ide perlunya alat transaksi yang bisa mengatasi kendala tersebut. Awal tahun 1900-an di Amrik, bbrp perusahaan pengisian bahan bakar (SPBU) dan department storesebenarnya sudah memperkenalkan semacam kartu belanja yang bisa digunakan oleh konsumen mereka.Tetpi kartu ini diterbitkan oleh perusahaan & fungsinya hanya sebts sebagai kartu member spt yang sering kita jumpai Club Card, dsb.Tujuannya dibuatkan kartu semacam ini agar konsumen jadi lebih loyal&ada manajemen yang rapi mengenai data konsumen.

Pada tahun 1946, baru mulai diperkenalkan kpd masyarakat sebuah sistem pembayaran kredit yang diprakarsai oleh perbankan. Sistem ini dikenal dengan nama "Charge-It" & diperkenalkan oleh seorang bankir John Biggins dari Flatbush National Bank of Brooklyn.Tujuannya adalah u/memudahkan konsumen (nasabah bank) dlm bertransaksi dgn toko/merchant yang juga menjadi nasabah di bank tsb Merchant harus menyerahkan slip bukti transaksi yang nantinya bank menagih kpd nasabahn yg menggunakan fasilitas "Charge-It" ini.Perkembangan Diners Club Card. Bermula di tahun 1949 secara tidak sengaja ketika seorang bernama Frank McNamara ketinggalan dompet stlah makan malam di sebuah restoran. Pada saat tagihan dirinya baru sadar bahwa dompetnya tertinggal. Dari sini Frank McNamara memulai u/mencari solusi pengganti uang tunai/dompet.

Tahun 1950, Frank McNamara bersama rekannya Ralph Schneider kembali ke restoran tsb dgn menggunakan sebuah kartu pembayaran yang unik.Inilah cikal bakal kartu kredit yg kita kenal skrg. Semuanya bermula dari Diners Club yang saat itu adalah jenis kartu "charge card".Kartu "charge" adlh kartu kredit dlm arti kata konsumen bisa menunda pembayaran pada saat transaksi,ttpi ditagih di bln dpn secara penuh Bahwa sejarah kartu kredit di dunia berawal dari Diners Club. Karena Diners Club adlh kartu sistem kredit (penundaan pembayaran) pertama buat konsumen Diners Club yang akan membayar dulu kepada toko/restoran,dan akan menagih bulan berikutnya kpd pemilik kartu.

Sejak saat itu (1951) penggunaan kartu Diners Club begitu terkenal di Amerika. Pada tahun yang bersamaan ditemukanlah bahan pembuat kartu Diners Club yang menggunakan plastik.Karena dulu kartunya masih kartu dari bahan kertas seperti katu nama. Tak mau kalah, tahun 1958 American Express mengeluarkan kartu yang sering kita kenal dengan AMEXcard(American Express). AMEXcard ini sama dgn diners adalah kartu charge sama seperti Diners Club. bayar penuh saat di tagih. Disusul kemudian Bank of America(BOA). yang mengeluarkan kartu VISA Melihat sukses DINERS,AMEX & VISA lalu sindikasi bank di amerika MEMBUAT kartu MASTERCARD Setelah itu disusul dengan kartu DISCOVER yg khusus kartu lokal di amrik (spt bca card) tahun 1960 merupakan era edukasi manfaat kartu kredit secara besar buat para pelancong yg sering berpindah kota di Amerika.
Sejak itulah kartu kredit berkembang sedemikian rupa di Amerika Serikat dan akhirnya menular ke negara-negara Eropa, Arab, Asia dan termasuk Indonesia.
Artikel ini diambil dari kultwit @rudy_ojos

Produk Honda